logo.hmi.frontpage
Sejarah HMI Malang

Samar-samar kami pada waktu itu mencoba mendengarkan beberapa cerita terkait awal mula sejarah berdirinya HMI Cabang Malang… dari beliau… yang sering kami sebut pada waktu itu Mahasiswa dengan Nomer NIM (Nomor Induk Mahasiswa) 001 mahasiswa pertama kali yang terdaftar pada perguruan tinggi yang dulu kala kita sebut IKIP kalau sekarang UM yaitu beliau Prof. Drs. H. Mas. Ahmad Ickhsan. Yang pada waktu itu bercerita kepada kami bahwa beliau adalah saalah satu orang yang ikut menggagas dan mempelopori adanya HMI di wilayah Malang.

Kronologisnya… kalau kita masih ingat sejarah berdirinya HMI, seorang Prof. Dr. H. Lafran Pane beserta 14 kawannya mendirikan HMI yang pada waktu itu didirikan di STI jogjakarta tanggal 05 Februari 1947 pada hari Rabu Pon pukul 14.00-18.00. bermula dari hari itu salah satu kawan dari beliau ada yang berasal dari Malang beliaulah H. M. Anwarr beliau adalah saudara dari kakanda H. MA Ickhsan, dengan penuh kesadaran dan tentunya dengan harapan dan cita-cita yang menjadi misi bersama tidak hanya secara koridor karena berdirinya HMI merupakan tujuan bersama yang terekolektif secara menyeluruh di penjuru indonesia maka barang tentu tanggung jawab ini harus di ejawantahkan di seluruh pelosok penjuru Indonesia.

Prof. H. MA. Ickhsan, beliau adalah orang yang mampu menggambarkan dan melanjutkan perjuangan di bumi Malang ini, dengan kilas balik sejarah bahwa beliau pernah tercatat sebagai mahasiswa dengan Nomor NIM. 001 pada perguruan tinggi keguruan yang dulu masih familier sering dipanggil IKIP malang, semasa mudanya beliau pernah juga merasakan fase adaptasi dari bangsa ini setelah merdeka, salah satunya dalam bentuk pengabdian kepada negara untuk menjadi masyarakat yang wajib bela negara beliau tergabung dalam Masyarakat Tentara Republik Indonesia Pelajar (Mas-TRIP). Dalam kesehariannya beliau juga mengomando para mahasiswa dan pelajar pada umumnya untuk aktif dalam keorganisasian salah satunya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan dengan keberanian dan kesungguhan beliau HMI di malang terbentuk dan pada tahun 1951 dan pada tahun 1954 beliau menjadi Ketua Umum HMI Cabang Malang.

Donwload Arsip PDF